Bendungan Selorejo Ngantang

karin    Happy weekend buat sahabat Azmara FM yang lagi nyari tempat untuk liburan akhir pekan ini, bersama dengan tim Jalan Jalan Azmara FM kita akan melihat pesona alam yang ada di Bendungan Waduk Selorejo, Ngantang. Wisata yang berada di Kabupaten Malang ini berbatasan langsung dengan Kediri. Berada di ketinggian 600 mdpl dan dikelilingi oleh empat gunung merapi yaitu Gunung Kelud, Gunung Kawi, Gunung Arjuno, dan Gunung Anjasmoro. Bagian barat lokasi ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar. Sedangkan bagian yang berbatasan dengan Blitar ditandai oleh Bukit Selokurung yang membentang dari Utara Ke Selatan.

Bendungan Selorejo ini merupakan waduk yang bertujuan untuk menampung sungai Konto, anak sungai Brantas, dan sungai Kwayangan agar mencegah banjir. Selain itu fungsinya juga sebagai wisata, budidaya perikanan, irigasi, dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Waduk ini dirintis pada tahun 1963 dan pembangunannya baru selesai pada 1970, kemudian diresmikan oleh Presiden Suharto pada tanggal 22 Desember 1970.

Kebanyakan penduduk Ngantang memanfaatkan waduk Selorejo untuk mengairi sawah-sawah yang berada di sekitar waduk, sedangkan penduduk luar Ngantang memanfaatkan waduk Selorejo ini sebagai arena memancing gratis. Jadi jangan heran, jika saat sahabat Azmara FM berjalan-jalan di sekitar waduk Selorejo, sahabat akan menemukan banyak pemancing di setiap sudut waduk Selorejo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *